logo-fun-teacher-private

5 Ragam Metode Pembelajaran Les Privat yang Paling Efektif

30 Nov 2021
5 Ragam Metode Pembelajaran Les Privat yang Paling Efektif

Ketika anak dirasa kurang memahami pelajaran yang diberikan di sekolah, orang tua umumnya akan memilih les privat untuk menambahkan jam belajar anak, agar mereka mendapatkan pemahaman materi yang lebih baik.

Ya, bisa dikatakan jika les privat merupakan salah satu metode pembelajaran yang cenderung efektif meningkatkan kemampuan akademik anak. Dalam penyelenggaraannya, seorang guru les privat akan memberikan materi pada murid dalam jumlah yang terbatas –bahkan bisa jadi satu orang saja.

Dengan murid yang lebih sedikit, tentu pengajaran bisa dilakukan dengan lebih fokus dan materi akan disampaikan secara mendalam.

Nah, berbincang tentang les privat, ada beberapa metode pembelajaran les private yang perlu Anda diketahui. Tentu, pengetahuan tentang metode pembelajaran pada les private ini bisa dijadikan pertimbangan, apakah Anda perlu mengajak anak untuk mendapatkan bimbingan secara private atau tidak.

Beberapa Metode Pembelajaran Les Privat

Ada beberapa metode pembelajaran yang digunakan dalam sebuah les privat. Beberapa metode tersebut tentu memiliki detail cara serta efektivitas yang berbeda.

Adapun ragam metode pembelajaran yang umumnya dipakai dalam les privat adalah sebagai berikut:

1. Menanyakan pelajaran yang menjadi kendala

Sebagaimana disinggung sebelumnya, bahwa salah satu alasan yang paling sering dipakai orang tua untuk memberikan les private bagi anak mereka yaitu karena adanya pelajaran yang menjadi kendala di sekolah. Oleh karenanya, salah satu metode yang digunakan dalam les private adalah menanyakan pelajaran yang menjadi kendala.

Metode ini merupakan cara pendekatan yang cukup efektif. Nantinya, ketika pelajaran yang menjadi kendala sudah ditemukan atau misalnya pada materi tertentu, maka pengajar les private bisa memberikan penjelasan yang lebih untuk meningkatkan pemahaman mereka.

2. Metode diskusi

Diskusi juga menjadi metode belajar yang banyak digunakan dalam pelaksanaan les private. Pendekatan ini tidak hanya menarik, namun juga efektif. Murid yang diajak berdiskusi tentu akan merasa lebih dihargai oleh pengajar daripada hanya menjadi pendengar selama proses pembelajaran les private berlangsung.

Metode diskusi juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting. Di mana nantinya pengajar les private akan mengetahui tingkat pemahaman dari siswa tersebut terkait materi tertentu. Selain itu, diskusi juga cukup baik untuk meningkatkan mental siswa guna berbicara serius di depan orang lain.

3. Metode santai dan disiplin

Tidak dimungkiri bahwa sebagian anak masih menganggap jika les private adalah pembelajaran yang menakutkan dan menegangkan. Gambaran ini bisa jadi akan membuat siswa menjadi kurang percaya diri dan minatnya pun bisa luntur.

Selain itu, metode yang monoton juga bisa membuat siswa merasa bosan dan juga terlalu tegang. Alhasil, materi yang disampaikan tidak terserap maksimal oleh siswa.

Nah, beranjak dari masalah di atas, metode pengajaran santai namun disiplin juga banyak diterapkan di lembaga pembelajaran les private. Dengan konsep ini, tentu kondisi siswa yang tegang ataupun bahkan ketakutan saat mengikuti pembelajaran tidak akan terjadi. Sebaliknya, proses pembelajaran pun akan terasa lebih menyenangkan untuk diikuti.

Ada cukup banyak variasi cara untuk penerapan metode ini. Biasanya, pengajar akan melakukan diskusi ringan dengan peserta les private terkait materi tertentu. Bisa juga pengajar menggunakan alat peraga atau bahkan mengajak jalan-jalan untuk memperkenalkan konsep materi yang lebih riil dan mudah dipahami.

4. Memberikan tes

Tujuan dari les private pada dasarnya adalah menambah pemahaman siswa pada materi tertentu yang kurang ia kuasai ketika berada di sekolah. Oleh karenanya, pembuktian tingkat pemahaman materi juga perlu dilakukan meskipun hanya les private.

Terkait hal tersebut, pengajar bisa saja memberikan tes tertentu sebagaimana ulangan harian ataupun ujian semester di sekolah. Hal semacam ini sangat efektif untuk memberikan penekanan jika siswa sudah memahami materi dengan baik.

Memang, setiap lembaga les private memiliki cara yang berbeda dalam memberikan  tes. Bisa saja ada tes setiap minggu dengan bahasan yang lebih rinci ataupun tes beberapa minggu sekali dengan materi yang lebih kompleks.

5. Berdiskusi dengan orang tua

Tidak hanya membuat diskusi dengan siswa, pengajar les private pun bisa melakukan diskusi dengan orang tua dari siswa tersebut. Ini adalah salah satu metode yang bisa dikatakan sangat penting untuk diketahui.

Tentu, orang tua adalah seseorang yang sangat memahami dan mengerti kondisi anaknya. Nah, dengan berdiskusi bersama orang tua murid, pengajar les private akan mengetahui kondisi anak tersebut dengan lebih baik dan mendetail. Mereka pun juga bisa mengetahui perkembangan anak serta permasalahan yang dihadapi terkait pembelajaran di sekolah.

Juga, dengan adanya diskusi antara pengajar dan orang tua, pengajar bisa menentukan mana metode les private yang cocok dan tepat untuk siswa tersebut sesuai dengan beragam faktor yang mengitari.

Dengan demikian, metode yang dipilih bisa dipastikan cocok dan pembelajaran di les private pun akan berjalan lebih efektif dan efisien.

Beberapa hal di atas merupakan ragam metode yang secara umum sering dipakai dalam proses pembelajaran les private. Dengan adanya beberapa metode tersebut, tentu Anda bisa mendapatkan preferensi yang tepat untuk memilih mana lembaga les private yang tepat untuk anak Anda.

Sebagai tambahan, sebelum menentukan lembaga les private tersebut, coba cek testimoni serta layanan yang diberikan. Pastikan jika Anda mengetahui seluk beluk penyedia les private tersebut bukan hanya sekadar mengetahui metode yang digunakan.

Pertimbangkan juga beberapa hal penting lainnya, seperti fleksibilitas waktu, kualitas tenaga pengajar dan lainnya.

Bagikan Artikel ini di
whatsapp